Sokon Siap Untuk Lakukan Produksi Mobil Listrik Di Indonesia

Hanklentfer.com – Dalam waktu baru-baru ini pemerintah Indonesia memang sedang rajin-rajinnya dalam mengupayakan satu jenis mobil yang ramah lingkungan untuk bisa dinikmati oleh para konsumen di tanah air. Untuk saat ini terkait dengan regulasinya memang sedang dalam tahap pembicaraan.

Kementerian Perindustrian diketahui telah memiliki target nantinya mamasuki tahun 2025 setidaknya sebanyak 20 persen dari seluruh produksi mobil di dalam negeri merupakan kendaraan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV), termasuk di dalamnya mobil listrik dan hibrida.

Hal tersebut sama dengan pabrik mobil yang lainnya, meskipun masih tergolong anyar masuk di Indonesia PT Sokonindo Automobile (Sokon) menuturkan terkait dengan kesiapannya jika memang harus memuat mobil listrik.

Hal tersebut dikarenakan di pabriknya yang berlokasi di Cikande, Banten, dikatakan sudah mendekati industri 4.0 dan bisa memproduksi mobil listrik.

“Itu tergantung aturannya. Kami tidak mau mendahului. Di pabrik kita sekarang bisa saja (pabrik Cikande produksi mobil listrik) karena intinya itu sebetulnya cuma baterai. Di China sendiri kami juga sudah jual mobil serupa,” kata CO-CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus di Bandung, Jawa Barat.

Dirinya juga menambahkan, pihak Sokon sekarang sedang berupaya untuk membuat baterai sendiri.

“Kami baru saja balik dari Silicon Valley (California, Amerika Serikat), kami lagi mengembangkan baterai kami sendiri,” kata Barus.

“Kalau untuk sekarang pertanyaan siap apa nggak, ya kami siap. Tapi tergantung bagaimana regulasi, kondusif atau tidak. Kami tidak mau mendahului. Biar sama-sama dengan produsen lainnya ketika regulasi mobil listrik sudah ditetapkan,” katanya lagi.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *