Toyota Avanza Kembali Tunjukkan Taringnya Dengan Angka Penjualan Yang Meningkat Drastis Menjelang Lebaran

Hanklentfer.com – Hari menjelang lebaran Idul Fitri memang sudah menjadi kebiasaan para masyarakat Indonesia untuk membeli kendaraan baru. Entah kendaraan mobil ataupun sepeda motor memang tak asing lagi jika mengalami peningkatan yang drastis.

Para masyarakat biasanya memanfaatkan uang THR untuk membeli kebutuhan mereka seperti mobil baru. Mereka membeli mobil baru yang biasanya digunakan untuk dibawa mudik ke kampung halaman pada saat lebaran.

Naiknya penjualan mobil menjelang lebaran sudah bukan menjadi hal yang asing lagi di tanah air. Salah satu pihak yakni Toyota Astra Motor (TAM) menuturkan jika mengalami peningkatan penjualan retail (penjualan dari diler ke konsumen langsung) pada Mei 2018 dibanding bulan sebelumnya.

“Toyota sendiri penjualan retail Mei ini naik sekitar 9,6 persen dibanding April. Angkanya mendekati 33 ribu unit,” kata Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto di acara buka puasa bersama Toyota dengan media otomotif nasional di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Hal tersebut baru dari segi angka penjualan retail atau penjualan dari diler ke konsumen. Namun untuk penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler tak mengalami kenaikan.

“Kalau wholesales memang sedikit turun, hampir sama lah dengan April. Tapi nggak lain karena sebenarnya Juni kan hari liburnya banyak, jadi kita ingin stoknya itu menyesuaikan dengan hari kerja di bulan Juni yang sangat sedikit (sehingga tidak terjadi pemumpukan stok di diler kalau didistribusikan terlalu banyak),” kata Henry.

“Perbedaan wholesales dan retail Toyota itu sekitar 4.000-an di bulan Mei. Karena ingin stok di diler untuk bulan Juni yang hari kerjanya pendek cukup sesuai,” sambungnya.

Disisi lainnya, untuk penjualan Toyota Avanza hingga kini masih menjadi buruan para konsumen menjelang hari lebaran yang tinggal semingguan ini. Mobil sejuta umat dari Toyota itu mengalami kenaikan penjualan retail (penjualan dari diler ke konsumen) sekitar 30 persen pada Mei dibanding April.

“Angka retailnya 9.438 unit. Menurut saya (mengapa Avanza masih diminati) kembali kepada kebutuhan masyarakat terhadap kendataan 7-seater yang multifunction,” sebut Henry.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *