Yaris Hatchback Tidak Dipasarkan Di India, Apa Alasannya?

Hanklentfer.com – Pada pembukaan tahun 2018 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) yang menjadi salah satu pemegang merek Toyota yang ada di tanah air telah melakukan sebuah perilisan secara resmi dengan produk anyarnya yakni Toyota Yaris yang paling terbaru.

Mobil yang belum lama ini diperkenalkan itu sebelumnya telah terbang dulu di negara Thailand. Yang menjadi hal paling apiknya, fakta baru terkait dengan satu jenis mobil hatchback yang menjadi gaco Toyota di Indonesia ini tidak diluncurkan di India yang menjadi salah satu pasar otomotif terbesar di Asia.

Seperti yang telah diberitakan oleh Drivespark, di India, Toyota hanya mengeluarkan Yaris dengan bentuk sedan saja bukan yang berjenis hatchback. Padahal, jika dilihat dari segi fitur yang disediakan pada versi hatchback lebih premium. Terlebih jika dilihat secara seksama, bagian keseluruhan versi dari hatchback justru lebih terkesan mengarah ke sporty.

Yang menjadi alasannya, Toyota Yaris hatchback termasuk dalam salah satu mobil keluaran Jepang yang memiliki harga yang bisa dikatakan mahal. Jika Yaris masuk di India, harganya mungkin sekitar 1 sampai 1,2 juta rupee atau sekitar Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan. Banderolan tersebut sama seperti Swift dan Grand i10. Maka, Toyota memutuskan untuk tidak membawa hatchback Yaris ke India. Untuk versi sedannya, mobil dihargai 875 ribu rupee atau sekitar Rp 182 juta.

Di Indonesia, New Toyota Yaris dilengkapi dengan In-line 4 Cyl dengan 16 Valve DOHC berteknologi Dual VVT-i. New Toyota Yaris dilengkapi dengan 7 SRS airbags yang terletak di kursi pengendara maupun penumpang. Selain itu, New Toyota Yaris dilengkapi dengan teknologi Hill Start Assist (HAS). Vehicle Stability Control (VSC), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Di Indonesia, Yaris terjual 3.901 unit, kalah tipis dengan Honda Jazz yang sudah mencapai 4.176 unit selama 4 bulan pertama. Namun semenjak ada model baru di bulan Februari, Yaris dalam penjualan bulanannya sudah mengalahkan Jazz.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *