MPV Kuasai Penjualan Mobil Di Tanah Air

Hanklentfer.com – Mobil yang memasuki pasaran Indonesia akhir-akhir sangat laku di jenis  MPV (Multi Purpose Vehicle). Hingga saat ini model jenis  MPV (Multi Purpose Vehicle) msih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia secara luas dari sabang sampai merauke.

Salah satu yang menjadi alasan mengaka mobis jenis MPV banyak peminatnya lantaran bisa memuat banyak penumpang di dalamnya. Dan harus diterima jika posisi Toyota Avanza harus rela tergeser dengan hadirnya MPV.

Kedudukan Toyota Avanza saat ini telah digantikan oleh MPV dengan kategori mobil terlaris di tanah air. Melihat dari data yang didapatkan dari wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebuah mobil yang mendapat julukan sebagai mobil sejuta umat tersebut berhasil mencapai angka penjualan yang fantastis. ‘

Dengan perolehan sebanyak 116.311 unit hanya dalam kurun waktu yang lumayan singkat sepanjang tahun 2017. Sebenanrnya angka tersebut sudah mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun lalu, 2016 yang mencapai angka hingga 122.654 unit.

Selain Avanza ada teman yang hampir serupa yakni Daihatsu Xenia. Daihatsu melego 38.535 unit Xenia selama periode Januari hingga Desember 2017. Penjualan Xenia tahun lalu tersebut juga turun sebesar 13,8 persen dari tahun 2016 yang mencapai 44.720.

Sebagai penutup posisi tiga besar ada juga Honda Mobilio yang berhasil mengantongi angka penjualan sebanyak 35.340 unit sepanjan tahun 2017.

Dua pendatang baru di kelas MPV yakni Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander menorehkan catatan cukup baik. Mitsubishi Xpander misalnya terjual sebanyak 13.070 unit, bertengger di bawah Suzuki Ertiga dengan total penjualan 35.338 unit. Sementara mobil China Wuling berhasil masuk di antara merek-merek Jepang. Wuling tercatat menjual 4.958 unit mobil Confero selama 2017.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *