PLN Sediakan Seribu SPLU Di Indonesia

Hanklentfer.com – PLN Distribusi di Jakarta telah menyediakan sebuah fasilitas yang dipergunakan untuk melakukan pengisian ulang baterai umum atau yang sering disebut dengan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) ternyata sudah ada beberapa yang tersebar di Jakarta. Hingga detik ini sudah ada sekitar seribu unit yang telah disediakan dan berada di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk lebih menyongsong hadirnya era kendaraan listrik. Dengan mengngat jika kondisi cuaca yang sulit untuk diprekdisikan akhir-akhir ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki curah hujan tinggi. Selain itu dengan ditambah permasalahan banjir yang juga hingga kini sulit untuk ditangani sangat berpengaruh dengan keselamatan SPLU.

Dengan adanya hal begitu, selaku General Manager PLN Disjaya, Ikhsan Asaad sudah menjamin terkait dengan fasilitas yang disediakan oleh pihaknya telah aman. Pasalnya, sebelum dibangunnya SPLU timnya telah melalui pertimbangan dari banyak hal yang akan terjadi nantinya.

“Iya kita pasangnya (SPLU) di outdoor. Tapi untuk mengatasi hujan besar dan banjir kami sudah pasang proteksinya,” ujar Ikhsan di sela-sela Kick Off Meeting Pengembangan Charging Station (SPLU) Untuk Mendukung Akselerasi Kendaraan Listrik di Jakarta, Kamis (14/12/2017).

“Kalau misalnya terendam (SPLUnya) otomatis langsung mati (listriknya). Jadi kami memang buat proteksi yang sangat sensitif untuk hal ini. Kemudian dari casing sudah IP54, sudah waterproof ya, dan memang itu kan jaraknya tinggi,” lanjutnya.

Penempatan SPLU pun tak sembarangan yakni di tempat yang cukup tinggi. Sehingga SPLU ini tak mudah terendam air.

“Stationnya (SPLU) memang yang banyak dipasang di tempat tertentu. Nanti yang wall (fasilitas penyediaan Listrik seperti tiang listrik, tidak bisa dipindah-pindahkan-Red) juga diberlakukan seperti itu karena nggak butuh tempat besar seperti di gedung kantor dan lain lain,” tutup Ikhsan.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *