Minimnya Pengetahuan Masyarakat Indonesia Terkait Mobil Listrik

Hanklentfer.com – Saat ini sedang ramia digembor-gemborkannya perkembangan untuk satu mobil terbaru yakni mobil listrik. Mobil listrik yang memang dikenal sebagai salah satu acuan mobil yang mengusung tema ramah lingkungan itu sedang menjadi tujuan utama para produsen roda empat di seluruh dunia.

Selain itu, saat ini mobil listrik sedang menjadi fokus di beberapa negara termasuk juga Indonesia. Hal tersebut membuat Presiden joko Widodo telah mencanangkan nantinya pada tahun 2025 sekitar 25 persen mobil yang dijual di Indonesia adalah mobil listrik.

Namun sayangnya hingga saat ini, kemunculan mobil listrik masih belum terlalu populer dikalangan masyarakat Indonesia sendiri. Dalam sebuah Unmet Needs Survey yang dilakukan Nissan Motor Indonesia kepada 1.700 responden soal keinginan orang membeli mobil listrik di Indonesia terlihat presentase soal selisih jauh dengan mobil mesin konvensional.

“Kami melakukan survei yang pertama adalah kecenderungan membeli kendaraan berdasarkan tipe energinya di sini kami lihat ranking 1, ranking 2 kalau mobil gasoline (ICE) itu 97,6 persen ada di ranking 1 dan ranking 2,” kata Vice President Director of Marketing and Sales PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Davy J Tuilan di ICE BSD, Tangerang, Senin (13/11/2017).

“Nah ini yang menarik begitu masuk teknologi hybrid hanya 20 persen itu termasuk EV, jadi kecenderungan belinya sangat kecil,” tambah Davy.

Tidak hanya kesimpulan tersebut saja yang dihasilkan dalam survei yang sudah dilakukan, terungkapnya persoalan yang banyak menyert masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui banyak hal terkait mobil listrik saja. Hal tersebut berpengaruh terhadap rendahnya daya tarik masyarakat Indonesia untuk membeli mobil listrik.

“Kalau kita ingin daya beli masyarakat tinggi harus ada awareness yang baik dan tentu saja tanpa mengalami mobil listrik mereka nggak akan tahu mobil listrik dengan torsi yang luar biasa dengan quiteness yang sangat luar biasa,” tutur Davy.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *