Empat Dasar Sebelum Masuk Jaman Mobil Listrik Dan Hybrid

Hanklentfer.com – Saat ini para produsen mobil sedang berlomba untuk mengembangkan serta menyiapkan mobil listrik yang akan ramai dicari di masa yang akan datang. Namun ada banyak hal yang diwajibkan untuk terlibat secara paralel dengan tujuan agar dapat mendukung kehaliran kendaraan yang ramah lingkungan itu.

Sebanyak empat pilar yang wajib ada dan siap sebelum memasuki era mobil listrik dan hybrid. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono.

Pilar yang pertama yakni keinginan pasar. “Customer harus welcome dulu dengan mobil ramah lingkungan. Dengan customer happy, baru kita bicara industri,” kata Warih di Tokyo, Jepang.

Langkah untuk bisa memberitahukan apa itu manfaat dari kendaraan ramah lingkungan harus dibentuknya community development. Di Jepang sendiri ada satu wilayah yang sengaja mengedukasi para masyarakat terkait apa itu kendaraan listrik.

“Di sana semua pertanyaan tentang mobil listrik langsung dirasakan dengan praktiknya. Ngecasnya bagaimana, berapa lama itu terjawab dengan praktik. Community development itu bisa saja dilakukan di Indonesia. Misalnya bandara Soekarno-Hatta yang boleh adalah hybrid sama elektrik. Nanti orang-orang Indonesia yang datang ke bandara akan merasakan keunggulan kendaraan itu, bahwa hybrid dan elektrik itu menarik, senyap, sehingga mereka suka,” kata Warih.

Selanjutnya untuk pilar kedua, yakni usaha untuk bisa membantu konsumen merasa senang dengan teknologi kendaraan ramah lingkungan adalah dengan regulasi pemerintah yang mendukung. Misalnya dengan menerbitkan insentif untuk kendaraan ramah lingkungan.

“Yang ketiga, kesiapan industrinya sendiri seperti apa, supply chain-nya,” tambah Warih. Pilar keempat adalah jaringan diler atau distributor yang menjamin bahwa nantinya kendaraan itu tidak ada masalah. Distributor juga perlu melakukan edukasi-edukasi kepada masyarakat terkait keuntungan kendaraan ramah lingkungan.

“Empat pilar ini harus ada buat Indonesia jadi negara yang paling penting untuk hybrid dan electric vehicle. Empat pilar ini harus bareng-bareng disiapkan,” kata Warih.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *