Toyota hadirkan Mobil Otonom Di Tahun 2020 Mendatang

Hanklentfer.com – Sebuah langkah besar yang nantinya diambil oleh pihak Toyota untuk bisa menghadirkan kendaraan dimasa yang akan datang rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang. Salah satu jenis yang akan diahdirkan yakni mobil yang bisa berjalan tanpa membutuhkan seorang sopir, atau bisa berjalan sendiri.

Temuan baru yang dihadirkan ini bisa juga disebut dengan teknologi automated driving (mobil tanpa sopir). Dari beberapa konsep untuk mobil tanpa sopir yakni Toyota dan Lexus sudah dipamerkan di Tokyo Motor Show. Menurut Kiyotaka Ise, Chief Safety Technology Officer Toyota Motor Corporation, tujuan pengembangan Toyota saat ini adalah fitur Highway Teammate yang akan diperkenalkan pada 2020.

“Highway Teammate memungkinkan aktifnya automated driving di jalan tol dari pintu masuk tol sampai pintu keluar tol. Sistem akan memberikan saran kepada pengemudi dan secara otomatis melakukan apa yang disarankan itu. Saran tersebut bisa berupa keluar jalan tol, menyalip kendaraan lain, atau hanya berpindah jalur,” jelas Ise saat presentasi soal teknologi maju dari Toyota dari Pasifico Yokohama, Jepang.

Sistem tersebut nantinya akan masuk ke dalam mobil otonom level 2 yakni otomatisasi parsial. Sistem tersebut nantinya akan berkolaborasi dengan pengemudi. tidak hanya mampu berjalan secara otomatis saja.

“Fitur lainnya dari Highway Teammate adalah Over the Air Update atau OTA yang akan meng-update mobil lewat telekomunikasi. Mengingat perkembangan teknis yang potensial, Toyota akan mengupdate software, termasuk perluasan area layanan dan fungsi, pada waktu yang tepat. Selanjutnya, dengan fungsi pengenal kondisi pengemudi, kami akan mengembangkan mobil yang bisa Anda kendarai lebih aman dan ramah,” ujar Ise.

Nantinya di tahun 2020, Toyota akan memperkenalkan Urban Teammate atau UT yang lebih canggih dari Highway Teammate. UT dirancang untuk bisa berjalan otomatis di jalan perkotaan juga.

“Kami akan mengarahkan (mobil otonom) Level 4 saat itu. Dan pada saat itu, kami akan mengenalkan konsep Chauffeur dan Guardian,” ucap Ise.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *