Solusi Pertamina Atasi Kehabisan Bensin Bagi Pemudik

 

Hanklentfer.com -Persoalan yang selalu dihadapi setiap kali musim mudik lebaran adalah tentang kemacetan. Apalagi jika kemacetan tersebut cukup parah hingga memakan waktu yang lama, maka masalah yang timbul selanjutnya adalah tentang mendapatkan bahan bakar untuk melanjutkan kembali perjalanan.

Seperti kejadian macet tol di Brexit atau Brebes Exit tahun lalu yang menyebabkan banyaknya pedagang bahan bakar ilegal yang menjual barang dagangannya dengan harga setinggi langit. Persoalan tersebut juga menjadi perhatian pihak Pertamina sebagai pemasok bahan bakar di tanah air.

Upaya Membantu Pemudik Mendapatkan Bahan Bakar

Memperbanyak Pasokan

Seperti pernyataan resmi dari Warih Wiwoho selaku Sales Eksekutif Retail BBM Rayin V Region IV Pertamina Cilacap, pihak pertamina akan menambah jumlah pasokan BBM terutama di kawasan jalur mudik yang rawan kemacetan.

Selain pasokan BBM di SPBU, pihak pertamina juga menyediakan BBM kemasan non subsidi yang dikemas dalam kemasan mulai dari 1 liter sampai. Mengenai harga jualnya, tidak berbeda dengan harga BBM yang ada di SPBU. Setiap pembelian hanya berlaku untuk isi BBMnya saja, sementara kemasannya harus dikembalikan ke pertamina.

Menurut perkiraan, permintaan akan bahan bakar minyak pada lebaran tahun ini hanya akan meningkat sebanyak dua puluh lima persen, tetapi untuk berjaga-jaga, pihak pertamina akan memberikan subsidi pasokan sebanyak tiga puluh persen ke berbagai daerah.

Melibatkan Hiswana Migas

Walaupun arus mudik dan balik diprediksi akan terpecah karena waktu libur lebaran dan masuk sekolah yang tidak beriringan, namun pihak pertamina tetap mengantisipasi lonjakan arus mudik yang berbanding lurus dengan permintaan bahan bakar.

Untuk mengatasi ini, pihak pertamina juga akan berkoordinasi dengan Hiswana Migas untuk menyediakan satuan petugas yang akan membantu memantau ketersediaan bahan bakar selama arus mudik serta keadaan lalu lintas secara umum.

Selain itu, di sepanjang Cirebon sampai ke Jawa Tengah, pihak pertamina juga menugaskan sebanyak 19 personil untuk mendistribusikan BBM dalam kemasan menggunakan motor. Penggunaan motor dianggap lebih efektif memecah kemacetan dan lebih fleksibel dalam menyampaikan BBM kemasan kepada pemudik.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *