Silenthawk, Motor Hybrid-Electric Pasukan Elit Bersenjata

 

Hanklentfer.com – Saat ini Pentagon, bersama dengan Logos Technologies, sedang merancangkan sebuah motor hybrid baru untuk pasukan khusus Amerika Serikat. Selama ini Logos Technologies adalah pemasok semua kebutuhan peralatan militer negara yang beribukota di Washington DC tersebut.

Motor dirtbike hybrid yang dinamai Silenthawak ini disiapkan guna misi intai atau misi senyap tatkala pasukan sedang menjalankan tugas di wilayah musuh. Rancangan mesin motor ini sendiri merupakan pengembangan dari Alta RedShift MX milik Alta Motors, sebuah pabrikan motor listrik asuhan Logos Technologies.

Keunikan Silenthawk

Bukan Motor Listrik Murni

Berbeda dengan Zero Motorcycles, motor ini bukan merupakan motor listrik sepenuhnya tetapi lebih kepada jenis hybrid. Contoh yang mendekati pengembangan motor ini adalah mirip mobil Toyota Prius.

Bensin adalah bahan bakar yang digunakan ketika hendak melakukan perjalanan biasa. Suara yang bisa dihasilkan ketika memakai bensin adalah sebesar 75dB. Berbeda jika menginginkan mode senyap, maka motor ini bisa memakai daya dari baterailithium-ion 5,8 kWh karena hanya akan menghasilkan suara sebesar 55dB.

Dengan kelebihan ini  pasukan dapat terbantu ketika sedang berada di kawasan musuh sehingga keberadaan mereka tidak akan diketahui. Mesin motor ini memang dirancang sangat senyap, bahkan suara yang paling nyaring malah dihasilkan dari pergerakan rantainya. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sabuk ketika berkendara.

Kelebihan Lain

Motor ini mampu berkendara sampai 273 kilometer tanpa harus mengisi bahan bakar. Bahan bakar yang bisa dipakai untuk motor ini bukan hanya bensin saja, tetapi juga dapat memakai AVGAS, propana sampai bahan bakar pesawat jet. Mesin motor ini juga dapat berjalan selama dua jam dalam mode listrik cukup dengan sekali pengisian daya saja.

Dengan penggerak dua roda, daya cengkeram pada motor hybrid ini lebih baik daripada motor biasa. Berat motor ini cukup ringan yaitu hanya berkisar sebesar 158kg saja. Walaupun demikian, menurut Alta Motors, mereka akan berusaha membuat motor ini lebih ringan dengan mengganti basis mesin yang awalnya adalah liquid-cooled menjadi air-cooled agar terasa semakin enteng dikendarai.

Bram Nusa Merah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *